MEMBANGUN KOMUNITAS BLOG
By agussodagar - Minggu, 02 September 2012
MEMBANGUN
KOMUNITAS BLOG
Punya blog yang didatangi oleh pengunjung tetap mempunyai banyak keuntungan. Salah satu
keuntungan yang jelas adalah memudahkan pebisnis online memasarkan produknya. Mau
jualan apa saja kemungkinan besar bisa sukses. Kenapa? Karena sudah ada market spesifik
yang sesuai dengan niche yang anda tekuni.
Boleh jadi pada awal-awal mereka berkunjung hanya say hello lalu kabur begitu saja. Tapi
kalau tiap hari mereka dicekoki dengan pemikiran-pemikiran anda, maka proses hypnoarticle
(menghipnotis pikiran seseorang melalui artikel blog) makin mudah merasuk ke pikiran mereka.
Emangnya bisa menghipnotis pikiran melalui artikel? Bisa aja dong. Saya sendiri
mengalaminya. Saat baru mengenal dunia blogging, saya telah tersihir oleh daya magis
seorang Joko Susilo sehingga tanpa sadar saya telah menceburkan diri ke dunia blogging
hingga detik ini. Dan banyak newbie lainnya yang mengalami seperti ini. Cuma sebagian besar
dari mereka tidak berani mengakuinya. Hehehe.
Oke, kembali ke pokok bahasan. Membangun komunitas blog mungkin terdengar sebagai
perbuatan maha berat bagi seorang newbie. Saya pun pada awalnya berpikir demikian. Untuk
punya „penggemar tetap‟ harus jadi blogger sukses dulu. Harus punya produk yang telah
dipasarkan ribuan affiliate-nya. Plus punya bukti otentik berupa beberapa rekening bank
terkemuka. Kalau perlu ditampilkan juga screen shoot penghasilan online. Wuihh, kelihatannya
too high banget ya.
Idealnya sih memang demikian. Jadi pebisnis online yang punya system otomatis yang mampu
mengalirkan uang ke rekening bank bahkan pada waktu kita tertidur pulas. Padahal faktanya,
Anda tidak harus menjadi orang sukses untuk mempunyai sebuah komunitas blog.
Menurut saya, ada 2 alasan kenapa pengunjung dengan setia bolak-balik membaca artikel
Anda. Beberapa diantaranya adalah:
1. Mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh blog lain.
Keunikan tersebut bisa berupa penyajian artikel dengan bahasa gaul, renyah dan
mudah dipahami. Ada juga yang unik karena menggunakan themes yang tidak biasa.
Pokoknya, segala hal yang berhasil ditangkap oleh panca indera pengunjung dan
menimbulkan kesan mendalam di hati mereka, itulah nilai unik yang Anda punya.
Keunikan ini tidak harus berkonotasi positif. Bahkan blog yang mampu membangkitkan
kemarahan, kejengkelan dan dongkol di hati pembaca, itu juga sisi khas yang patut
diperhitungkan.
2. Menyajikan artikel bermanfaat secara konsisten.
Dua kata kunci di atas adalah „manfaat‟ dan „konsisten‟ Banyak blog yang berlomba-
lomba menawarkan artikel tetapi tidak kontinyu alias kadang waras kadang kumat.
Hahaha. Tidak mudah memang. Mengingat selalu ada daya tarik untuk keluar dari
standard penulisan yang Anda miliki.
Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS
0 komentar for "MEMBANGUN KOMUNITAS BLOG "