7 Kiat Menulis Efektif di Blog
By agussodagar - Minggu, 09 September 2012
Sebelumnya kita sudah membahas bahwa menulis efektif itu baik, tapi
bagaimana caranya? Ini sudah saya siapkan ☺.
1. Hilangkan Semua Gangguan
Tingkat efektifitas penggunaan waktu kita sangat tergantung dari banyaknya
gangguan. Semakin banyak gangguan yang tidak teratasi maka akan semakin
banyak yang menghabiskan waktu Anda. Untuk itu hilangkanlah semua
gangguan (aplikasi, tv, handpone) yang beepotensi mengganggu Anda untuk
membuat sebuah karya tulis.
2. Alirkan Seperti Air
Nggak perlu takut salah atau apapun pokoknya tulis saja seperti air yang
mengalir. Silahkan Anda tuangkan ide dalam karya tulis Anda, terus alirkan dan
jika sudah selesai baru diedit. Tunggu, “kalau tiba-tiba alirannya putus gimana?”
Yup, itu yang sering dialami oleh sebagian orang. Caranya gampang… tulis aja
“bersambung..” nanti kemungkinan pembaca akan kembali datang ke blog Anda.
Jadinya trafic.. ☺.
3. Tambahkan File Multimedia
Jika posting yang Anda hasilkan terlalu panjang, tidak ada salahnya mencoba
inovasi dengan menampilkannya pada file seperti video, gambar atau audio.
Lagipula saat ini sudah pada gratis. Siapa sih blogger yang nggak kenal
Youtube? Nah cobalah memanfaatkan media seperti itu untuk meningkatkan
kualitas tulisan Anda.
4. Tambahkan Emmotions
Pengunjung blog mana sih yang nggak suka sama pelayanan yang ramah? Untuk
itu selalu tampilah ramah dalam setiap posting Anda. Selalu gunakan emmotions
seperti misalnya ini ☺. Dengan begitu akan jadi lebih cair suasannya sehingga
pengunjung akan lebih mudah memahami apa yang Anda sampaikan.
5. Jangan Terlalu Banyak Promosi
“Semakin banyak promosi yang kita lakukan, maka semakin banyak nilai tambah
yang kita buang pada suatu artikel di blog”. Mengapa begitu? Simple aja koq,
karena pembaca selalu berusaha untuk menghindari promosi yang menekan
mereka. Jadi kurangi promosi adalah jalan yang baik untuk mengefektifkan karya
tulis Anda.
6. Gunakan Jadwal
Keteraturan itu baik, jadi selalu gunakan jadwal Anda dalam membuat suatu
karya tulis di blog. Jangan sampai melewati batas waktu yang telah ditentukan.
Misalnya untuk membuat satu artikel Anda mengalokasikan waktu satu jam.
Dengan waktu itu bisa Anda bagi menjadi 15 menit untuk mendalami ide dan
konsep, lalu 5 menit untuk melengkapi bahan dan 30 menit untuk proses
penulisan. Dengan sistem ini Anda bisa menghemat waktu dan bisa jadi lebih
efektif lho.. ☺.
7. Editing Adalah Hal Terakhir Sebelum Publish
Menurut semua master blogger, editing paling cocok dilakukan pada tahap akhir
sebelum publikasi. Ya, itu memang benar. Jika kita mengedit tulisan setiap
selesai satu kalimat, kapan selesainya? Untuk itu editing selalu tahap akhir ya ☺.
Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS
0 komentar for "7 Kiat Menulis Efektif di Blog "