By Tituicom - Jumat, 10 Agustus 2012
Tak
bisa kita pungkiri bila peran harga cukup mendominasi dalam proses
penjualan. Bahkan bagi sebagian besar masyarakat, besarnya harga barang
ataupun jasa yang ditawarkan cukup mempengaruhi keputusan pembelian
setiap konsumen. Sehingga tidak heran bila dalam menjalankan bisnis,
urusan penetapan harga produk menjadi salah satu hal riskan yang harus diperhatikan para pelaku usaha dengan mempertimbangkan banyak faktor.
Lalu, kira-kira faktor apa saja yang perlu diperhatikan para pelaku usaha dalam menentukan harga jual produknya?
Berikut ini sengaja kami informasikan kepada para pembaca mengenai
beberapa faktor utama yang perlu diperhatikan para pelaku usaha sebelum
menentukan harga jual produk maupun jasa.
- Tentukan terlebih dahulu besarnya laba yang Anda inginkan
Dalam menentukan harga jual sebuah produk, kesalahan yang sering
dilakukan para pemula yaitu terlalu fokus memikirkan besarnya biaya
produksi tanpa memperhatikan seberapa besar laba usaha yang ingin mereka
dapatkan. Hal inilah yang terkadang membuat para pemula harus mengalami
kerugian cukup besar dalam mengawali sebuah usaha. Karena itu, sebelum
menentukan harga jual sebuah produk, pastikan bahwa Anda telah
menentukan besarnya laba yang diinginkan, agar kedepannya Anda juga bisa
menikmati keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan.
- Menyesuaikan dengan kemampuan konsumen
Sebelum menetapkan harga jual produk, ada baiknya bila Anda
menyesuaikan harga tersebut dengan kemampuan konsumen (target pasar)
yang Anda bidik. Bila Anda membidik konsumen kelas bawah, maka pemilihan
harga murah menjadi prioritas utama yang perlu Anda perhatikan. Namun
bila Anda membidik konsumen kelas atas, mereka cenderung kurang peka
terhadap harga produk yang ditawarkan, karena yang menjadi prioritas
utama mereka adalah kualitas produk yang Anda tawarkan. Untuk itu,
lakukan survey pasar untuk mengamati kemampuan setiap konsumen.
- Mempertimbangkan biaya produksi
Selain memikirkan besarnya laba yang diinginkan, Anda juga perlu
mempertimbangkan biaya produksi yang dibutuhkan. Dalam hal ini tentunya
tidak hanya biaya yang terlihat saja yang perlu Anda hitung, beberapa
biaya lain yang tak terlihat seperti biaya sewa tempat, biaya
transportasi (bensin), biaya promosi produk (brosur, kartu nama, internet, dll), perlu Anda perhatikan agar hasil kerja keras Anda tidak mendapatkan kerugian semata.
- Memperhatikan harga jual competitor
Terkadang kompetitor menjadi alat ukur yang cukup efektif untuk
menentukan harga jual produk. Anda bisa membandingkan harga jual produk
Anda dengan produk pesaing yang sebanding. Apabila produk yang Anda
tawarkan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, maka tidak ada salahnya
bila Anda memasarkan produk tersebut dengan harga jual yang lebih mahal.
- Awasi pergerakan harga di pasaran
Setelah melakukan launching produk ke pasaran, langkah berikutnya
yang perlu Anda perhatikan yaitu memonitoring pergerakan harga secara
berkelanjutan. Strategi ini penting karena setiap harinya harga bahan
baku di pasaran juga mengalami pasang surut perubahan harga. Jadi,
sebagai seorang pelaku usaha Anda juga harus jeli melihat perkembangan
pasar dan pintar-pintar menyiasati keadaan. Apabila kondisinya memang
sudah tidak bisa diakali lagi, maka keputusan untuk menaikan harga jual
menjadi salah satu alternatif yang perlu Anda ambil.
Semoga informasi tips pemasaran bisnis yang mengangkat
faktor utama yang diperhatikan dalam menentukan harga ini
bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang
sedang bingung menentukan harga jual produk-produknya. Maju terus UKM
Indonesia dan salam sukses.
0 komentar for "peran harga cukup mendominasi dalam proses penjualan"