Advertisement

Latest News

Jembatan Rangka Kaku (Rigid Frame) / Jembatan Rahmen

By GEDABUZ - Senin, 24 September 2012

PERHATIAN BUAT PARA PEMBACA NEWS.TITUIT.COM
  • Sebagian Artikel Berita Foto Video news.tituit.com ini berasal dari berbagai sumber yang ada di internet .
  • Hak cipta Artikel,berita,foto,video news.tituit.com menjadi milik sumber berita ,artikel,video,foto dan materi terkait.
  • News.tituit.com tidak ada maksud untuk membajak hak cipta karya manapun.
  • Artikel,berita,foto,video materi news.tituit.com semata mata hanya untuk documentasi , selanjutnya untuk di manfaatkan sebagai media berbagi informasi dan silaturrahmi.
  • Segala metari news.tituit.com hanya untuk pembelajaran guna menanamkan suka baca dan tulis .
  • Jika ada yang tidak berkenan tulisanya di tampilkan di news.tituit.com , kami harap untuk melapor kepada admin, kami tidak keberatan untuk menghapus materi tersebut.
  •  Jika materi ini bermanfaat , saran kami jangan lupa memberi konstribusi kepada sumber materi terkait.
  • Bila ada materi yang tidak di sebutkan sumbernya , kami mohon maaf.
Demikian pengumuman singkat terkait materi yang ada di news.tituit.com dan atas perhatianya kami ucapkan terimakasih, dan selamat membaca.
-Jembatan Rangka Kaku (Rigid Frame) / Jembatan Rahmen

Elemen-elemen dihubungkan secara kaku dalam struktur ’rahmen’ atau rangka kaku. Tidak seperti truss dan jembatan lengkung yang akan dibicarakan pada bagian lain, seluruh elemen akan menerima baik gaya axial maupun momen tekuk. Gambar 9.28. berikut ini menunjukkan berbagai tipe jembatan rahmen.

Elemen jembatan rangka kaku lebih besar dari pada sebuah tipe bangunan. Konsekuensinya pemusatan tekanan terjadi di sambungan balok dan kolom sehingga harus direncanakan dengan tepat. Pendukung jembatan rahmen, engsel atau jepit, menjadikannya struktur yang tak tentu, sehingga tidak sesuai pada kondisi pondasi yang terbenam. Reaksi pendukung berupa kemampunan horisontal dan vertikal pada engsel dan dengan penambahan momen tekuk pada tumpuan jepit.
 
Gambar 9.28. Tipe jembatan rahmen:
(a) rangka portal; (b) Π - Rahmen; (c) V-leg Rahmen; dan (d) Vierendeel Rahmen
Sumber: Chen & Duan, 2000

Rangka PortalRangka portal adalah desain sederhana dan bisa dipergunakan secara luas untuk pier atau pendukung jembatan jalan raya yang diangkat karena ruang di bawahnya dapat digunakan secara efektif untuk jalan yang lain atau area parkir. Pendukung ini, telah dibuktikan penggunaannya pada gempa bumi Kobe di jepang tahun 1995, lebih ulet sehingga akan lebih kuat dan mampu menyerap energi lebih banyak dari pada pier kolom tunggal.

Π - RahmenDesain Π - Rahmen biasanya digunakan untuk jembatan di daerah pegunungan dengan struktur pondasinya yang kuatdan kokoh sehingga dapat melintasi lembah dengan bentang yang relatif panjang. Selain itu dapat juga untuk jembatan yang melintasi jalan raya jalur cepat. Seperti yang ditunjukkan pada model struktur Π - Rahmen gambar 9.29. Adanya dua lengan pendukung gelagar utama menyebabkan tegangan axial pada pusat panjang gelagar. Beban hidup pada geladak disalurkan pada gelagar utama melalui sistem lantai. Engsel tengah mungkin dimasukkan pada gelagar untuk membentuk gelagar gerber. Jembatan model A-V leg rahmen sama dengan jembatan Π - Rahmen tetapi memungkinkan bentang yang lebih panjang tanpa gaya axial di pusat bentang gelagar.
 
Gambar 9.29. Jembatan Π - Rahmen
Sumber: Chen & Duan, 2000

Jembatan VierendeelJembatan vierendeel merupakan rangka kaku dimana bagian atas dan bawah rangkaian dihubungkan secara kaku ke elemen vertikal. Seluruh elemen diarahkan ke arah axial dan gaya geser seperti momen lentur. Kondisi ini merupakan sistem internal yang sangat tidak tentu. Analisa rangka vierendeel harus mempertimbangkan tegangan sekunder. Bentuk jembatan ini lebih kaku daripada jembatan lengkung Langer atau Lohse yang hanya mempunyai elemen penahan gaya axial.

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Jembatan Rangka Kaku (Rigid Frame) / Jembatan Rahmen"

Leave a Reply

Advertisement