Advertisement

Latest News

Jembatan Beton Prestress / pratekan

By GEDABUZ - Senin, 24 September 2012

PERHATIAN BUAT PARA PEMBACA NEWS.TITUIT.COM
  • Sebagian Artikel Berita Foto Video news.tituit.com ini berasal dari berbagai sumber yang ada di internet .
  • Hak cipta Artikel,berita,foto,video news.tituit.com menjadi milik sumber berita ,artikel,video,foto dan materi terkait.
  • News.tituit.com tidak ada maksud untuk membajak hak cipta karya manapun.
  • Artikel,berita,foto,video materi news.tituit.com semata mata hanya untuk documentasi , selanjutnya untuk di manfaatkan sebagai media berbagi informasi dan silaturrahmi.
  • Segala metari news.tituit.com hanya untuk pembelajaran guna menanamkan suka baca dan tulis .
  • Jika ada yang tidak berkenan tulisanya di tampilkan di news.tituit.com , kami harap untuk melapor kepada admin, kami tidak keberatan untuk menghapus materi tersebut.
  •  Jika materi ini bermanfaat , saran kami jangan lupa memberi konstribusi kepada sumber materi terkait.
  • Bila ada materi yang tidak di sebutkan sumbernya , kami mohon maaf.
Demikian pengumuman singkat terkait materi yang ada di news.tituit.com dan atas perhatianya kami ucapkan terimakasih, dan selamat membaca.
-Jembatan Beton Prestress / pratekan
Beton pratekan dengan bahan berkekuatan tinggi merupakan alternatif menarik untuk jembatan bentang panjang. Bahan ini dipergunakan secara luas pada struktur jembatan sejak tahun 1950-an.

SlabGambar 9.17. menunjukkan standar tipe-tipe slab precast beton pratekan. Jika slab cast-in-place pratekan lebih mahal dari pada slab beton bertulang, slab precast beton pratekan lebih ekonomis apabila digunakan untuk beberapa bentang. Umumnya bentangan berkisar antara 20 – 50 ft (6.1 – 15.2 m). Perbandingan tebal dan bentangnya 0.03 baik untuk bentang sederhana maupun menerus.

Gelagar I - precastGambar-gambar 9.18; 9.19; dan 9.20. menunjukkan standar tipe-tipe balok-I, gelagar-I, dan Gelagar Bulb-Tee. Bersaing dengan gelagar baja, umumnya lebih mahal dibanding beton bertulang dengan perbandingan tebal dan bentang yang sama. Formwork lebih rumit, terutama untuk struktur miring. Bagian ini dapat diaplikasikan untuk bentang 30-120 ft (9.1 – 36.6 m). Perbandingan tebal dan bentang struktur adalah 0.055 untuk bentang sederhana dan 0.05 untuk bentang menerus.
 
Gambar 9.17. Potongan FHWA precast prestressed voided;
(a) tipikal potongan, dan (b) alternatif kunci geser
Sumber: Chen & Duan, 2000

 
Gambar 9.18. Potongan AASHTO balok I;
(a) balok tipe II, III dan IV, dan (b) balok tipe V dan VI
Sumber: Chen & Duan, 2000


Gambar 9.19. Caltrans precast standard ‘‘I’’-girder
Sumber: Chen & Duan, 2000

 
Gambar 9.20. Caltrans precast standard ‘‘Bulb-Tee’’ girder
Sumber: Chen & Duan, 2000

Gelagar KotakGambar 9.21. menunjukkan standar tipe kotak precast dan Gambar 9.22. menunjukkan standar precast gelagar ’bathtub’. Dalam bentuk cast-inplace gelagar kotak beton pratekan serupa dengan gelagar kotak beton bertulang konvensional. Untuk bentang struktur 100 – 600 ft (30.5 – 182.9m) jarak antar gelagar umumnya menggunakan dua kali lipat dari tebal struktur. Perbandingan tebal dan bentang struktur 0.045 untuk bentang sederhana dan 0.04 untk bentang menerus. Bagian ini sering digunakan untuk bentang sederhana lebih dari 100 ft (30.5 m) dan sesuai untuk memperlebar kontrol defleksi. Sekitar 70 – 80 % sistem jembatan jalan raya di California terdiri dari jembatan gelagar kotak beton pratekan.
 
Gambar 9.21. Potongan FHWA precast pretensioned box:
(a) tipikal potongan dan (b) alternatif shear key
Sumber: Chen & Duan, 2000


Gambar 9.22. Caltrans precast standard ‘‘bathtub’’ girder
Sumber: Chen & Duan, 2000

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Jembatan Beton Prestress / pratekan"

Leave a Reply

Advertisement