Advertisement

Latest News

Perencanaan penulangan geser

By GEDABUZ - Kamis, 20 September 2012

PERHATIAN BUAT PARA PEMBACA NEWS.TITUIT.COM
  • Sebagian Artikel Berita Foto Video news.tituit.com ini berasal dari berbagai sumber yang ada di internet .
  • Hak cipta Artikel,berita,foto,video news.tituit.com menjadi milik sumber berita ,artikel,video,foto dan materi terkait.
  • News.tituit.com tidak ada maksud untuk membajak hak cipta karya manapun.
  • Artikel,berita,foto,video materi news.tituit.com semata mata hanya untuk documentasi , selanjutnya untuk di manfaatkan sebagai media berbagi informasi dan silaturrahmi.
  • Segala metari news.tituit.com hanya untuk pembelajaran guna menanamkan suka baca dan tulis .
  • Jika ada yang tidak berkenan tulisanya di tampilkan di news.tituit.com , kami harap untuk melapor kepada admin, kami tidak keberatan untuk menghapus materi tersebut.
  •  Jika materi ini bermanfaat , saran kami jangan lupa memberi konstribusi kepada sumber materi terkait.
  • Bila ada materi yang tidak di sebutkan sumbernya , kami mohon maaf.
Demikian pengumuman singkat terkait materi yang ada di news.tituit.com dan atas perhatianya kami ucapkan terimakasih, dan selamat membaca.
-Perencanaan penulangan geser
Perencanaan penulangan geser adalah usaha untuk menyediakan sejumlah tulangan baja untuk menahan gaya tarik arah tegak lurus terhadap retak tarik diagonal. Penulangan geser dapat dilakukan dalam beberapa cara, seperti:
− sengkang vertikal
− jaringan kawat baja las yang dipasang tegak lurus terhadap sumbu aksial
− sengkang miring atau diagonal
− batang tulangan miring diagonal yang dapat dilakukan dengan cara membengkokanbatang tulangan pokok balok di tempat-tempat yang diperlukan
− tulangan spiral

Perencanaan geser didasarkan pada nggapan dasar bahwa beton menahan sebagian gaya geser, sedangkan kelebihannya di atas kemampuan beton dilimpahkan pada tulangan geser. Cara umum yang dipakai untuk penulangan geser adalah dengan menggunakan sengkang, karena pelaksanaannya lebih mudah serta dijamin ketepatan pemasangannya. Cara penulangan ini terbukti mampu memberikan sumbangan untuk meningkatkan kuat geser ultimit komponen struktur yang mengalami lenturan.
 
Gambar 7.23. Detail susunan penulangan sengkang
Sumber: Dipohusodo, 1994

Berdasarkan ketentuan SNI 03-2847-2002, kuat geser (VC) untuk komponen struktur yang hanya dibebani oleh geser dan lentur berlaku,


Dalam persamaan ini satuan fC’ dalam Mpa, bw dan d dalam mm, dan VC dalam kN. Pada balok persegi bw sama dengan d. Kuat geser ideal dikenakan faktor reduksi φ = 0,60. Kuat geser rencana Vu didapatkan dari hasil penerapan faktor beban.

Berdasarkan peraturan, meskipun sevcara teoritis tidak diperlukan penulangan geser apabila Vu 􀂔 φVC, akan tetapi tetap diharuskan untuk selalu menyediakan penulangan geser minimum pada semua bagian struktur beton yang mengalami lenturan. Ketentuan penulangan geser minimum tersebut terutama untuk menjaga agar tidak terjadi kegagalan geser bila terjadi beban yang tak terduga. Pada tempat di mana tidak diperlukan tulangan geser yang memiliki ketebalan cukup untuk menahan Vu, maka tulangan geser minimum tidak diperlukan. Sedangkan pada tempat yang memerlukan tulangan geser minimum, jumlah luasnya ditentukan dengan persamaan:

Pada persamaan ini, dan mengacu pada gambar 10.14, dijelaskan:

Av = luas penampang tulangan geser total dengan jarak spasi antar tulangan s, untuk sengkang keliling tunggal Av = 2 As, dimana
As adalah luas penampang batang tulangan sengkang (mm2)
bw = lebar balok, untuk balok persegi = b (mm)
s = jarak pusat ke pusat batang tulangan geser ke arah sejajar tulangan pokok memanjang (mm)
fy = kuat luluh tulangan geser (Mpa)

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Perencanaan penulangan geser"

Leave a Reply

Advertisement